Sabtu, 21 Desember 2013

PENGANTAR BISNIS# 2

B. MASALAH  PENJUALAN
Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli :
  1. Pengertian penjualan menurut Henry Simamora Adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa.
  2. Pengertian penjualan menurut Chairul Marom Adalah Penjualan artinya penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur.
  3. Pengertian penjualan menurut Winardi dalam bukunya pengantar manajemen penjualan (Sales Management)(1999 : 176), menyatakan bahwa Penjualan adalah hasil yang dicapai sebagai imbalan jasa-jasa yang diselenggarakannyan yang dilakukan dalam perniagaan transaksi dunia usaha.
  4. Pengertian penjualan menurut Komaruddin dalam bukunya ensiklopedia manajemen,(1997:76) menyatakan bahwa Penjualan adalah kegiatan untuk menukarkan barang dan jasa khususnya dengan uang.
Kesimpulan dari Penjualan  adalah persetujuan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan suatu produk dengan harapan pembeli dapat menyerahkan sejumlah uang sebagai alat ukur produk tersebut sebesar harga jual yang telah disepakati
Tujuan Penjualan :
  • Tujuan utama penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau laba dari produk ataupun barang yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik.
  • dan mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya, namun hal ini perlu peningkatan kinerja dari pihak distributor dalam menjamin mutu barang atau jasa yang akan di jual tersebut.
  • Mencapai target untuk penjualan produk yang dihasilkan.
Syarat terjadinya Penjualan :
  1. Ada Penjual dan ada Pembeli
  2. Ada Barang, jasa dan lain-lain yang akan dijual dan alat tukar yang sah
Jenis-jenis Penjualan :
  1. Trade Selling, Dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distributor produk-produk mereka.
  2. Missionary Selling, Dapat terjadi bila pembeli membeli barang-barang dari penyalur perusahaan.
  3. Technical Selling, Berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasehat untuk mengatasi masalah pada pembeli akhir.
  4. New Business Selling, Berusaha membuka transaksi baru dengan merubah calon pembeli menjadi pembeli.
  5. Responsive Selling, Dua jenis penjualan utama disini adalah “route driving” dan “retailling”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;