Sabtu, 21 Desember 2013

PENGANTAR BISNIS# 6

F. BEP / TITIK IMPAS
BEP / Titik Impas adalah kondisi dimana pendapatan sama dengan biaya yang dikeluarkan. Jika Anda bisa secara akurat memprediksikan biaya dan penjualan, menghitung BEP hanyalah sebuah perhitungan matematika yang sangat mudah. Sebuah usaha mencapai titik BEP ketika total pendapatan atau penjualan sama dengan total biayanya. Pada titik BEP, tidak ada keuntungan yang diraih atau kerugian yang diderita.
·           Mendefinisikan Biaya
Ada beberapa tipe biaya yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan perhitungan BEP, yaitu:
1.      Biaya tetap
Biaya ini akan tetap sama berapapun jumlah produk yang Anda hasilkan. Semua biaya awal pendirian bisnis seperti biaya sewa tempat, asuransi, komputer, mesin kassa, dll adalah biaya tetap karena Anda membelinya sebelum bisnis dijalankan.
2.      Biaya Variabel
Biaya ini merupakan biaya berulang yang diserap oleh setiap produk yang Anda hasilkan. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan usaha percetakan dimana untuk pembuatan kartu undangan Anda diharuskan membeli bahan kertas ke supplier seharga 1000 perlembar, maka biaya 1000 tersebut merupakan biaya variabel. Ketika bisnis Anda tumbuh dan berkembang, Anda bisa menjadikan biaya karyawan dan biaya lainnya sebagai biaya variabel, jika itu memang masuk akal bagi usaha Anda.
·           Menetapkan Harga
Penetapan harga sangat penting dalam menghitung BEP. Anda tidak akan dapat memprediksi pendapatan jika Anda tidak tahu berapa harga per unit produk yang nantinya akan Anda jual. Harga per unit merupakan suatu nominal yang akan Anda bebankan ke konsumen untuk pembelian satu unit produk yang Anda jual.
·           Psikologi Harga
Penentuan harga merupakan proses pengambilan keputusan yang tidak gampang. Baik dari sisi pengusaha maupun dari sisi konsumen. Banyak sekali riset di dunia marketing dan dunia psikologi mengenai bagaimana persepsi konsumen terhadap suatu harga. Sebelum menetapkan harga produk dan jasa, ada baiknya untuk membaca buku, artikel atau review tentang strategi harga dan psikologi harga terlebih dahulu.
·           Metode Harga
Ada beberapa pemikiran dan pendapat yang berbeda mengenai bagaimana memperlakuan biaya ketika akan menghitung BEP. Adanya perbedaan tersebut disebabkan faktor kualitatif dan kuantitatif suatu biaya. Jika Anda membuat produk baru yang unik, Anda bisa menetapkan harga jual premium. Tapi jika Anda menjalankan bisnis dalam industri yang kompetitif, Anda harus menjaga agar harga setara dengan harga pasar atau bahkan mungkin menawarkan diskon untuk bisa merebut konsumen.
Satu strategi umum yang biasa digunakan adalah “cost-based pricing” atau harga jual berdasarkan biaya, dimana strategi ini mengharuskan Anda untuk mengetahui biaya produksi per unit dan mengatur nominal tambahan sebagai keuntungan atau margin awal. Strategi ini dapat membuat Anda pusing 7 keliling ketika ada pesaing yang bisa memproduksi dengan biaya yang lebih rendah dan menjual lebih rendah dari harga yang sudah Anda tetapkan.
Metode yang lain adalah “price-based costing” atau biaya berdasarkan harga jual. Metode ini mendorong Anda untuk menjual produk dengan harga yang mau dibayarkan oleh konsumen (cocok digunakan jika produk Anda mempunyai saingan produk alternatif) dan mengatur semua biaya dibawah harga tersebut. Dengan cara tersebut, jika Anda ingin bersaing dengan pemain baru, Anda bisa menurunkan harga dan tetap masih menikmati keuntungan.
·           Rumus Perhitungan BEP
BEP = biaya tetap / (harga jual perunit – biaya variabel)
Persamaan Rumusnya:
Unit Contribution Margin = harga jual – biaya variabel

Kalkulasi rumus ini akan memberitahu Anda jumlah unit produk yang harus terjual agar mencapai titik impasnya. Pada titik tersebut, Anda sudah menutupi semua biaya yang terkait dengan memproduksi produk yang dihasilkan (biaya tetap dan biaya variabelnya).
Diatas titik BEP, setiap unit tambahan yang terjual akan meningkatkan keuntungan yag disebut dengan “unit contribution margin” dimana didefinisikan sebagai setiap jumlah unit yang memberikan kontribusi menutupi biaya tetap dan meningkatkan keuntungan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;